Ragam Gerak Tari


     1.     Gerak Tangan

a.      Nyekithing / Ngithing
Nyekithing yaitu dimana ruas ibu jari bersinggung dengan ruas jari tengah paling depan, jari-jari lainnya melengkung searah jari tengah. Digunakan dalam tari-tari yang biasa dimainkan oleh wanita.


b.      Ngruji / Ngrayung
Ngruji atau Ngrayung adalah saat semua jari rapat tegak lurus kecuali ibu jari yang ditekuk merapat ke telapak tangan. Tangan kanan dan kiri tidak berbeda. Sikap ini cukup mudah dilakukan, sehingga banyak digunakan dalam berbagai tarian.


c.       Naga Rangsang
Naga Rangsang Yaitu keempat jari tangan rapat lurus keatas, ibu jari dengan jari jari telunjuk membentuk sudut 90 derajat. Meskipun cukup sulit, sikap ini juga digunakan dalam beberapa tarian Jawa.








d.       Nyempurit
ibu jari tangan bertemu dangan ujung telunjuk membentuk bulatan dan jari-jari lainnya melengkung mengikuti arah jari tengah. Tangan kanan dan kiri sama.


e.       Kepelan
Kepelan dilakukan dengan mengepalkan seluruh jari tangan merapat ke telapak tangan. Sikap ini adalah sikap yang paling mudah dilakukan dibandingkan sikap tangan yang lain. 

f.       Seblak
Gerakan menyibak selendang/sampur dari pangkal ikatan selendang sampai merentang lurus kesamping badan. Kemudian arahkan selendang kebelakang. Seblak kanan kearah kanan, seblak kiri kearah kiri dengan tangan kiri, atau secara bersamaan.


g.      Ukel
Gerakan tangan dengan memutar pergelangan tangan berlawanan arah jarum jam, dengan posisi tangan ngithing.



h.      Kebyok

Gerak kebyok adalah gerakan tangan dengan menggunakan selendang yang dihentakkan ke pergelangan tangan dengan menggunakan selendang sehingga selendang menyangkut dipergelangan tangan.

i.        Kebyak
Adalah gerakan tangan dengan menggunakan selendang yang dihentakkan atau dibuang sehingga selendang lepas dan tidak lagi menyangkut di pergelangan tangan. Gerak kebyak dilakukan setelah kebyok.

j.        Ngembat
Gerak ngembat yakni gerakan tangan dengan memegang selendang dengan perilaku jari-jari ngiting.
k.      Ulap-ulap
Posisi tangan seperti ngrayung, dengan posisi pergelangan tangan ditekuk dan posisi ibu jari berdiri, terletak lurus pada dahi/kening (seperti hormat).






2.    Gerak Kaki
a.         Nggroda
Adalah bentuk dasar gerakan kaki dimana posisi telapak kaki saling merapat bagian tumit sedang bagian depan membuka 45 derajat (menghadap sudut)

b.        Mendhak
Adalah bentuk dasar kaki yang paling dominan, yaitu posisi lutut kaki ditekuk (merendah). Posisi ini dilakukan selama menari.bentuk telapak kaki nggroda posisi kaki mendhak (lutut di tekuk).

c.        Tanjak Kanan
Adalah posisi kaki dimana letak telapak kaki kanan agak di depan telapak kaki kiri dan kaki kiri dibelakang kaki kanan. Pada tari putri, tidak ada jarak antara telapak kaki kanan dan kaki kiri. Sedang pada tari putra alus berjarak satu telapak kaki, dan pada tari putra gagah lebih lebar lagi, dengan ukuran lebar kurang lebih 2 x telapak kaki.
d.     Tanjak Kiri
Kebalikan dari tanjak kanan.


e.      Sila
Adalah posisi duduk bersila. Kaki kanan didepan kaki kiri.

f.        Jengkeng


Adalah posisi duduk di atas kaki. Jengkeng pada ketigajenis tari sangat berbeda. Pada tari putri posisi kaki kanan sebagai tumpuan duduk, sedang posisi kaki kiri didepan kaki kanan. Pada tari putra, posisi kaki kanan sebagai tumpuan duduk, sedang kaki kiri membuka kesamping kiri.



g.        Jinjit
Berdiri dengan menggunakan ujung telapak kaki bagian depan.













h.     Trecet
Trecet adalah gerakan seperti lari ditempat dengan posisi kaki membuka dan jinjit.


j.         Lumaksana
Lumaksana dalam tari Jawa adalah  gerakan berjalan. Baik itu berjalan kedepan (maju) maupun berjalan ke arah belakang (mundur).

k.     Debeg
Debeg adalah menghentakkan telapak kaki bagian depan. Debeg kanan yang dihentakkan kaki kanan, sedang debeg kiri yang dihentakkan kaki kiri. Setiap gerakan debeg selalu diikuti gejug. Debeg dan gejug merupakan satu rangkaian, namun gejug tidak selalu diawali dengan debeg. Gejug dapat berdiri sendiri

l.         Gejug
Gejug adalah menghentakkan kaki bagian telapak kaki kebelakang kaki yang menjadi tumpuan. gejug ada 2, yaitu gejug kanan dan gejug kiri

m.    Kengser :
Adalah bergerak kesamping kanan,kekiri atau berputar dengan kedua tekapak kaki berhingsut,bergantian antara ujung telapak kaki dengan tumit,dengan sikap tubuh sedikit mendak.
Kengser kanan: didahului dengan debeg gejung kaki kanan ,tangan kanan nekuk, tangan kiri menthang,dengan sikap telapak tangan ngruji.
Kengser kiri : didahului denagan debeg gejung kaki kiri ,tangan kiri nekuk, tangan kanan menthang,dengan sikap telapak tangan ngruji.



n.       Srisig ( trisig ) :
Berpindah tempat kekanan,kekiri,maju mundur atau berputar,dengan berlari kecil dan jinjit,tubuh agak merendah. Srisig bisa dilakukan untuk tari, putri, putra halus, dan putra gagah.

3.     Gerak Badan
a.      Hoyog
Gerakan badan dicondongkan ke samping kanan atau kiri.
b.     Engkyek
Gerakan badan dicondongkan ke kiri atau ke kanan, dengan sikap tangan lurus ke samping. Polatan, yaitu gerakan arah pandangan.
c.      Oklak
Menggerakkan pundak ke depan dan belakang.
d.     Entrag
Menghentakkan badan kenbawah berkali-kali, seolah-olah badan mengeper    . 
       4.     Gerak Kepala dan Leher

a. Tolehan      
Gerakan kepaka menoleh ke kanan atau kiri




RAGAM GERAK TARI DOLALAK

Tari Dolalak adalah tarian tradisional khas Purworejo, Jawa Tengah yang merupakan peninggalan pada jaman Belanda yang di mainkan oleh beberapa penari pria atau wanita dengan seragam prajurit. Nama dolalak diambil dari not “Do” dan “La”
 karena awalnya tarian ini hanya diiringi dengan alat musik dua nada.
Berikut ini adalah ragam gerak yang digunakan dalam Tari Dolalak

A. Gerak Tangan

1.   Siak
Gerakan tangan kiri seblak sampur, tangan kanan seblak ke kanan.

2.  Seblak
Gerakan menyibak selendang/sampur dari pangkal ikatan selendang sampai merentang lurus kesamping badan. Kemudian arahkan selendang kebelakang. Seblak kanan kearah kanan, seblak kiri kearah kiri dengan tangan kiri, atau secara bersamaan.


3.  Ukel
Gerakan tangan dengan memutar pergelangan tangan berlawanan arah jarum jam, dengan posisi tangan ngithing.
4.  Kebyok
Gerak kebyok adalah gerakan tangan dengan menggunakan selendang yang dihentakkan ke pergelangan tangan dengan menggunakan selendang sehingga selendang menyangkut dipergelangan tangan.

5.  Kebyak
Adalah gerakan tangan dengan menggunakan selendang yang dihentakkan atau dibuang sehingga selendang lepas dan tidak lagi menyangkut di pergelangan tangan. Gerak kebyak dilakukan setelah kebyok.

6.  Ulap-ulap
Posisi tangan seperti ngrayung, dengan posisi pergelangan tangan ditekuk dan posisi ibu jari berdiri, terletak lurus pada dahi/kening (seperti hormat).
Ulap-ulap ada 2 yaitu ulap-ulap kanan dan ulap-ulap kiri.
a.)  Ulap-ulap kanan
Ulap-ulap kanan adalah gerakan tangan kanan menekuk di depan
kening, sedang tangan kiri menekuk dipinggang (malangkerik)
b.)  Ulap-ulap kiri
Ulap-ulap kiri adalah tangan kiri yang menekuk di depan kening, sedang tangan kanan menekuk di pinggang (malangkerik)

7.  Ngithing
Ada yang menyebutnya dengan istilah nyekithing. Yaitu posisi tangan dengan ibu jari menempel pada jari tengah, membentuk bulatan. Sedang jari yang lain ditekuk(menekuk/melengkung kebawah).

8.  Ngrayung
Ngrayung adalah bentuk gerak tangan dengan posisi ibu jari menempel pada telapak tangan, dan keempat jari berdiri dengan posisi jari-jari rapat.


B.  Gerak Dasar Kaki

1.   Nggroda
Adalah bentuk dasar gerakan kaki dimana posisi telapak kaki saling merapat bagian tumit sedang bagian depan membuka 45 derajat (menghadap sudut).

2.  Mendak
Adalah bentuk dasar kaki yang paling dominan, yaitu posisi lutut kaki ditekuk (merendah). Posisi ini dilakukan selama menari.bentuk telapak kaki nggroda posisi kaki mendhak (lutut di tekuk).

3.  Tanjak Kanan
Adalah posisi kaki dimana letak telapak kaki kanan agak di depan telapak kaki kiri dan kaki kiri dibelakang kaki kanan. Pada tari putri, tidak ada jarak antara telapak kaki kanan dan kaki kiri. Sedang pada tari putra alus berjarak satu telapak kaki, dan pada tari putra gagah lebih lebar lagi, dengan ukuran lebar kurang lebih 2 x telapak kaki.

4.  Srisig
Srisig adalah posisi atau gerakan lari-lari kecil, dengan posisi kaki jinjit dan mendak (lutut ditekuk)

5.  Jinjit
  Berdiri dengan menggunakan ujung telapak kaki bagian depan.


4.     Gerak Kepala dan Leher

a. Tolehan
Gerakan kepaka menoleh ke kanan atau kiri

3.     Gerak Badan

a.      Hoyog
Gerakan badan dicondongkan ke samping kanan atau kiri.

      b. Kirig
Gerak menggetarkan kedua bahu secara cepat,









Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

Jenis-Jenis Seni Tari